Tanaman Bunga Rosella

Tanaman Bunga Rosella yang mempunyai nama ilmiah Hibiscus sabdariffa Linn yang merupakan anggota famili Malvaceae. Rosela dapat tumbuh baik di daerah beriklim tropis dan subtropis

Saat ini tedapat lebih dari 100 varietas rosela yang tersebar di seluruh dunia. Dua varietas yang paling terkenal adalah sabdariffa dan altissima webster. Varietas sabdariffa mempunyai kelopak bunga yang dapat dimakan, berwarna merah atau kuning pucat dan kurang banyak mengandung serta. Namun, kelopak bunga varietas ini tidak dapat dimanfaatkan sebagai makanan.

Tanaman Bunga Rosella

Tanaman Bunga Rosella

TANAMAN BUNGA ROSELLA

Bagian Tanaman Bunga Rosella yang banyak dimanfaatkan adalah kelopak bunga rosella yang keluar dari ketiak daun merupakan bunga tunggal, artinya pada setiap tangkai hanya terdapat satu bunga. Bunga ini mempunyai 8-11 helai kelopak yang berbulu, panjangnya 1 cm, pangkalnya saling berlekatan dan berwarna merah. Kelopak bunga ini sering dianggap sebagai bunga oleh masyarakat. Bagian inilah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman, bahkan sebagai obat.

Mahkota Tanaman Bunga Rosella berbentuk corong, terdiri dari 5 helaian, panjangnya 3-5 cm. Tangkai sari yang merupakan tempat melekatnya kumpulan benang sari berukuran pendek dan tebal, panjangnya sekitar 5 mm dan lebar sekitar 5 mm. Putiknya berbentuk tabung berwarna kuning atau merah.

Buah Tanaman Bunga Rosella berbentuk kotak kerucut, berambut, terbagi menjadi 5 ruang, berwarna merah. Bentuk biji menyerupai ginjal, berbulu dengan panjang 5 mm dan lebar 4 mm. Saat masih muda, biji berwarna putih dan setelah tua berubah menjadi abu-abu. Di negara Malaisya Tanaman bunga rosella disebut dengan nama Asam Paya, Asam kumbang dan juga Asam Susur. Tumbuhan Rosella dikatakan berasal dari India, namun ada juga yang mengatakan bahwa Bunga Rosella berasal dari Afrika Barat.

Tanaman bunga rosella mempunyai fungsi sebagai antiseptik alami, penambah syahwat, dan juga agen astringeb. Tanaman bunga rosella ini juga digunakan sebagai pengobatan herbal alternatif untuk meredakan penyakit batuk, demam, lesu, stres, gusi berdarah dan juga penyakit hati. Bunga rosella juga saat ini banyak digunakan untuk membuat jus, saos, serta sirup. Dan selain itu juga digunakan sebagai zat pewarna alami makanan.

FUNGSI BUNGA ROSELLA

Ekstrak dari kelopak bunga rosella mempunyai fungsi sebagai :

  1. Antispasmodik atau sebagai penahan kekejangan
  2. Antihelmintik
  3. Antibakteri

Dan selain itu juga tanaman Rosella mempunyai manfaat untuk membantu menurunkan kadar dari penyerapan alkohol di dalam tubuh. Daun tanaman bunga rosella ini digunakan untuk membantu menyembuhkan luka, mengatasi penyakit kulit dan juga gigitan serangga serta ular.

Dibawah ini beberapa kandungan yang terkandung di dalam kelopak tanaman bunga rosella adalah Gossy peptin, anthocyanin dan glukosida hibiscin. Selain itu, kelopak bunga rosella juga mengandung kandungan seperti dibawah ini :

  1. Kelopak segar dalam
  2. Air
  3. Protein
  4. Lemak
  5. Serat
  6. Abu
  7. Kalsium
  8. Fosforus
  9. Zat besi
  10. Karotena
  11. Thiamin
  12. Riboflavin
  13. Niacin
  14. Asid askorbik

MANFAAT KELOPAK BUNGA ROSELLA

Suatu penelitian menunjukkan bahwa kelopak bunga rosella mempunyai manfaat seperti efek anti hipertensi, kram otot, dan juga sebagai anti-infeksi bakteri. Dalam suatu penelitian menujukkan bahwa ekstrak dari kelopak tanaman bunga Rosella membant untuk mengurangi efek alkohol di dalam tubuh kita, mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal dan bisa membantu melambatkan pertumbuhan parasit, jamur serta bakteri yang menjadi salah satu penyebab demam tinggi.

Kelopak bunga rosella juga bisa membantu untuk :

  1. melancarkan sietem peredaran darah
  2. Membantu mengurangi derajat dari kekentalan darah

Hal ini disebabkan karena asam organik, polisakarida, dan juga flavonoid yang ada di dalam ekstrak kelopak bunga Rosella adalah efek farmakologi. Dan selain itu juga yang paling tidak kalah penting adalah kelopak bunga Rosella juga menganduung vitamin C dengan kadar yang tinggi yang sangat berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh agar bisa mencegah serangan penyakit.

Fungsi dan manfaat tanaman bunga rosella adalah :

  1. Membantu mengurangi kekentalan darah
  2. Melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh
  3. Membantu mencegah terjadinya peradangan di saluran kencing dan juga ginjal
  4. Sebagai penyaring racun alami di dalam tubuh
  5. Membantu mencegah terjadinya kekurangan akibat vitamin C
  6. Membantu melancarkan sistem peredaran darah
  7. Melancarkan proses susah buang air besar
  8. Menurunkan kadar penyerapan alkohol
  9. Sebagai penahan kekejangan

Beberapa jenis penyakit yang bisa diobati oleh tanaman bunga rosella adalah :

  1. Penyakit kanker
  2. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  3. Penyakit batu ginjal
  4. Penyakit lemah syahwat
  5. Lesu
  6. Demam
  7. Stres
  8. Gusi berdarah
  9. Kurang darah atau anemia

Itulah informasi mengenai tanaman bunga rosella dan manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Tanaman Bunga Rosella


=====================================

>>> Jual Teh Rosella Untuk Mencegah Penuaan Dini & Mencegah Osteoporosis, Memperlambat Menopause dan Menurunkan Tekanan Darah, Klik Disini!
=====================================


This entry was posted in Bunga Rosella and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>